Latar Belakang
Golden
Music Centre (GMC) adalah sebuah badan usaha mandiri yang dimiliki perseorangan. GMC
merupakan usaha yang bergerak di
bidang jasa dengan menawarkan persewaan sound system
dan event equipment (Kelengkapkan untuk acara). Selain itu, GMC juga bergerak di bidang rental studio yang dihitung per jam dan recording
studio untuk proses digitalisasi lagu. Kantor Golden Music Studio beralamatkan di JL Danau Dibaruh IV Blok F-1/A-4,
Sawojajar, Kedungkandang, Malang, 65139.
Sebagai peusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, GMC telah
cukup menunjukkan eksistensinya di Kota Malang dan sekitarnya. Namun di era
persaingan yang semakin ketat dan banyaknya saingan usaha persewaan sejenis di
Kota Malang, eksistensi bukan satu-satunya hal yang terpenting dimiliki oleh
perusahaan jasa persewaan sound system.
Aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dan diterapkan adalah aspek
pemberian pelayanan prima terhadap pengguna jasa GMC. Apabila pelanggan merasa
puas dengan pelayanan yang diberikan oleh GMC, maka hal ini sangat mempengaruhi
tingkat loyalitas pelanggan terhadap pengunaan jasa persewaan GMC (Golden Music
Centre).
Melihat pentingnya aspek pelayanan prima bagi sebuah perusahaan jasa, maka
tim kami membuat beberapa program yang dapat digunakan untuk GMC sehingga usaha
yang dijalankan tetap mampu bersaing di Kota Malang dan membuat pengguna
jasanya merasakan kepuasan. Program-program itu antara lain, program pembuatan
blog, program feedback, dan program pembuatan kartu diskon untuk pelanggan.
Program pertama adalah pembuatan blog,
dimana pada saat ini adalah era cyber
yang serba digitalisasi. Sehingga tim kami merasa memerlukan program pembuatan
blog untuk menunjang pelayanan prima bagi GMC. Melalui pembuatan blog, pengguna
jasa maupun calon pengguna jasa dapat lebih praktis mengakses
informasi-informasi yang ingin mereka ketahui tentang GMC tanpa harus datang
kekantornya terlebih dahulu.
Program kedua adalah program feedback,
dimana program ini diwujudkan dengan pemberian kartu yang bertuliskan kolom
kritik dan saran untuk diisi oleh pengguna jasa GMC. Program ini juga merupakan
salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan prima GMC terhadap pengguna
jasanya. Tim kami sengaja tidak membuatnya dalam bentuk kuisioner dengan
jawaban yang dibatasi. Kami membebaskan pelanggan untuk mengisi sesuai
pemikirannya sendiri terhadap perusahaan GMC, sehingga pihak perusahaan sendiri
dapat mengevaluasi kinerjanya dan sebagai bahan untuk peningkatan kualitasnya.
Program ketiga adalah pembuatan kartu
diskon untuk pelanggan. Program ini adalah bentuk pelayanan prima yang
diberikan GMC kepada pengguna jasanya. Dengan adanya kartu diskon maka pengguna
jasa akan merasa diuntungkan karena telah bertransaksi dengan GMC. Lebih jauh,
hal ini dapat meningkatkan loyalitas pengguna jasa untuk terus menggunakan jasa
perusahaan sound system GMC. Kami telah menganalisis GMC berdasarkan SWOT. Penjelasannya
adalah sebagai berikut:
Strength
-
GMC memiliki fasilitas yang lengkap dan berkualitas.
-
GMC memiliki konsistensi yang tinggi dalam mempertahankan
kualitas jasa yang diberikan.
-
GMC memiliki karyawan-karyawan yang masih tergolong muda
sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan media sosial dan internet untuk
memudahkan setiap kegiatan GMC
|
Weakness
-
GMC belum mempunyai channel untuk
berhubungan dengan pelanggan secara digital atau online.
-
GMC belum mempunyai sarana penampung aspirasi
pelanggan terhadap layanan GMC seperti kotak kritik dan saran.
|
Opportunity
-
Adanya media digital untuk menjangkau konsumen & pelanggan
GMC secara efektif dan efisien
-
GMC sudah memiliki pelanggan tetap yang banyak.
-
Pelanggan yang telah merasa puas dengan kualitas GMC, akan
berakibat pada bertambahnya pelanggan baru karena mengetahui hal tersebut
dari pelanggan lainnya.
|
Threat
-
Pelanggan yang ingin menyampaikan
kritik dan saran tidak menemukan media atau channel untuk
menyampaikannya.
-
Pelayanan yang monoton (tidak ada
peningkatan) akan membuat pelanggan merasa bosan dan bisa saja pelanggan akan
mencari jasa lain yang menawarkan layanan lebih.
|
. Tabel 1. Analisis
SWOT GMC sound
system
1.
Program untuk Golden Music Centre (GMC)
Berdasarkan
analisis SWOT tersebut, kami dapat membuat beberapa program untuk GMC. Program
yang kami rekomendasikan terhadap Golden
Music Centre (GMC) dan penjelasannya adalah sebagai berikut:
1.1 Program Pembuatan Blog
2.1.1
Definisi
Era cyber telah merasuki kehidupan manusia modern ini, hampir segala
hal telah di-digitalisasi, mulai dari hasil karya cipta seperti musik, hingga
pergaulan sosial manusia. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan
harus memperhatikan aspek tersebut. Salah satunya bagaimana memberikan
pelayanan terbaik sehingga pelanggan merasakan keuntungan dari pembuatan blog
yang mencakup mulai dari profil GMC Sound System sampai dengan spesifikasi
produk dan harga.
Timeline
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain
Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying
PERUSAHAAN terkait dengan pembuatan Blog
|
Mei
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow Up hasil
Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan
Blogspot
|
|
|
|
|
|
||
Implementasi
|
|
|
|
|
|
Tabel
2. Timeline Program Pembuatan Blog
2.1.2
Tujuan
Tujuan
dari pembuatan desain Blog GMC untuk perusahaan
adalah:
1. Menghubungkan perusahaan dengan pelanggan melalui
jaringen internet yang tidak terbatas ruang dan waktu.
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan untuk menilai
GMC Sound System dan melihat spesifikasi produk dan harga yang ditawarkan.
2.1.3
Manfaat
1. Bagi
GMC Sound System
-
Dengan menggunakan Blog sebagai jaringan komunikasi terhadap
pelanggan, GMC Sound System akan semakin dikenal sebagai perusahaan persewaan
sound system yang cerdas, efektif dan mengikuti perkembangan zaman.
2. Bagi
pelanggan
-
Dapat lebih mudah
mencari tahu tentang spesifikasi produk dan harga yang ditawarkan
2.1.4
Biaya
Berikut
Ini adalah Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Kartu Feedback
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Pembuatan
Blogspot
|
-
|
-
|
-
|
|
|
Tabel 3. Tabel Rancangan Anggaran Dana Pembuatan
Blog
2.2
Program
Feedback
2.2.1
Definisi
Feedback
atau umpan balik dari pelanggan atas hasil kerja perusahaan merupakan hal yang
penting yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dan perkembangan
perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan harus sangat diperhatikan.
Salah satunya bagaimana memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan
merasakan keuntungan dari transaksi yang dilakukan dengan perusahaan terutama
perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Berdasarkan hal tersebut, kami
merekomendasikan sebuah desain komunikasi berbentuk kartu saran dan kritik yang
diberikan kepada pelanggan untuk diisi seusai penggunaan jasa perusahaan.
·
Perencanaan yang dilakukan adalah
sebagai berikut:
Gambar
2. Desain Kartu Feedback GMC
·
Aktualisasi yang dilakukan
yaitu melakukan seluruh kegiatan sesuai dengan timeline
Timeline
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain
Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying
PERUSAHAAN terkait dengan pembuatan kartu diskon
|
Mei
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow Up hasil
Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan
Desain Kartu diskon
|
|
|
|
|
Corel
Draw
|
||
Implementasi
|
|
|
|
|
Meeting
|
Tabel
4. Timeline Program Kartu Feedback
2.2.2 Tujuan
Tujuan dari pembuatan desain lembar saran dan kritik untuk pelanggan
adalah :
1. Menerima dengan terbuka saran dan kritik dari pelanggan
yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk melangkah kedepan memperbaiki
kesalahan.
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan untuk
memberikan masukkan-masukkan bermanfaat dan juga menumbuhkan loyalitas pelanggan.
2.2.3
Manfaat
Bagi GMC
Sound System
-
Dengan meningkatnya
loyalitas pelanggan, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat
-
Citra baik perusahaan
akan meningkat karena memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik dan
menguntungkan pelanggan
Bagi pelanggan
-
Dapat memberikan
saran dan masukkan yang bermafaat untuk penggunaan kembali di masa depan
2.2.4
Biaya
Berikut
Ini adalah Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Kartu Feedback
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Kartu Feedback
|
Rp. 2000,-
|
250
|
Rp. 500.000,-
|
TOTAL
|
Rp. 500.000,-
|
Tabel
5. Rancangan Anggaran Dana Program Kartu Feedback
2.3
Desain
Kartu Diskon Untuk Pelanggan
2.3.1
Definisi
Pelanggan
merupakan aset utama yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap
kesuksesan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan
harus sangat diperhatikan. Salah satunya bagaimana memberikan pelayanan terbaik
sehingga pelanggan merasakan keuntungan dari transaksi yang dilakukan dengan
perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Berdasarkan hal
tersebut, kami merekomendasikan sebuah desain komunikasi sebagai salah satu
upaya pelayanan prima pada GMC Sound
System yaitu desain kartu diskon untuk
pelanggan.
Kartu ini akan dibuat dengan
mencantumkan keterangan berapa kali pelanggan telah menggunakan jasa GMC Sound System Untuk 3 kali
penggunaan jasa perusahaan, akan mendapatkan diskon 25% di penggunaan jasa
berikutnya. Dengan memberikan diskon kepada pelanggan, pelanggan akan lebih
merasa diuntungkan sehingga loyalitas pelanggan akan meningkat dan akan
berpengaruh pada peningkatan pendapatan perusahaan.
·
Perencanaan yang dilakukan
adalah sebagai berikut:
Gambar
3. Desain Kartu Diskon untuk Pelanggan GMC
·
Aktualisasi yang dilakukan
yaitu melakukan seluruh kegiatan sesuai dengan timeline
Timeline
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain
Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying PERUSAHAAN terkait
dengan pembuatan kartu diskon
|
April
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow Up hasil Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan Desain
Kartu diskon
|
|
|
√
|
|
Corel Draw
|
||
Implementasi
|
|
|
|
√
|
Meeting
|
Tabel
6. Timeline Program Kartu Diskon
2.2.2
Tujuan
Tujuan dari pembuatan desain kartu diskon untuk
pelanggan adalah :
1. Meningkatkan
loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.
Karena dengan memberikan diskon, pelanggan akan merasa lebih dihargai
sehingga berakibat pada kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan jasa perusahaan
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan dan perusahaan dalam melayani pelanggan karena di
bagian belakang kartu diskon terdapat keterangan berapa kali pelanggan memakai
jasa perusahaan sehingga dapat diketahui kapan pelanggan akan mendapatkan
diskon.
2.2.3
Manfaat
Bagi GMC
Sound System
-
Dengan meningkatnya
loyalitas pelanggan, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat
-
Citra baik perusahaan
akan meningkat karena memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik dan
menguntungkan pelanggan
Bagi pelanggan
-
Dengan diskon,
pelanggan lebih diuntungkan karena menghemat biaya
2.2.4
Biaya
Berikut
Ini adalah Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Kartu Diskon
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Kartu Diskon
|
Rp. 2000,-
|
250
|
Rp. 500.000,-
|
TOTAL
|
Rp. 500.000,-
|
Tabel
7. Rancangan Anggaran Program Kartu Diskon
2.2.5
Rekapitulasi
Anggaran
No.
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
1
|
Pembuatan
Blog
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
Kartu
Feedback
|
250
|
Rp. 2.000
|
Rp. 500.000
|
3.
|
Kartu
Diskon
|
250
|
Rp. 2.000
|
Rp. 500.000
|
|
Total Biaya
|
|
|
Rp 1.000.000
|
Tabel
8. Tabel Rekapitulasi Anggaran Semua Program
0 comments:
Post a Comment