- Hartono Elektronika, adalah perusahaan yang
bergerak di bidang penjualan alat-alat elektronik mulai dari setrika
sampai televisi maupun kulkas. Karakteristik pelanggan Hartono pada
umumnya adalah pelanggan yang peragu, yakni pelanggan yang memiliki
keterbatasan uang dan keputusan pembeliannya tergantung orang lain
(sales). Pendekatan yang paling sesuai untuk pelanggan seperti ini adalah
memperkuat kemampuan salesman dalam menghadapi pelanggan dan mempengaruhi
keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan pelanggan menganggap salesman
lebih kredibel daripada oran lain yang awam.
- Karena pengenalan membentuk citra di benak masyarakat, dan citra
yang baik dan kuat sangat mempengaruhi keputusan pelanggan untung
mengkonsumsi barang/jasa perusahaan atau organisasi tersebut. Dan citra
yang baik yang terpatri di benak seseorang inilah yang mengubah
dirinya dari hanya sekedar konsumen menjadi pelanggan, yang juga menjeamin
keberlangsungan perusahaan.
- Harapan dan kepuasan pelanggan
itu berbanding silang, seperti hukum ekonomi. Kita anggap saja Harapan
pelanggan itu kredit/minus, dan kepuasan pelanggan
adalah cara untuk membayar atau men-debit harapan tersebut. Jika hal ini tidak terjadi, maka
pelanggan akan kecewa dan memutuskan untuk meninggalkan perusahaan
Wednesday, March 12, 2014
Karakteristik Pelanggan dan Pendekatannya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment