1. PT Astra Otoparts Tbk (Astra
Otoparts) adalah perusahaan komponen otomotif terkemuka Indonesia yang
memproduksi dan mendistribusikan suku cadang kendaraan bermotor baik kendaraan
roda dua maupun roda empat. Konsep pelayanan prima dalam ASTRA adalah bagaimana
perusahaan sebisa mungkin harus memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini dilihat
dari 6 unit bisnis dan 29 anak perusahaan dengan 36.284 orang karyawan. Contoh sederhananya adalah apabila kita
memesan suku cadang di salah satu cabang ASTRA di kota tinggal dan ternyata
suku cadang tersebut sedang out of stock,
pegawai akan memesankan suku cadang tersebur dari kantor pusat dan meminta
nomer telepon kita untuk dihubungi apabila suku cadang yang dimaksud sudah
datang.
Karakteristik
pelayanan prima yang ideal dari ASTRA Otoparts adalah mencoba memenuhi seluruh kebutuhan konsumen, menyediakan
produk yang berkualitas, mengutamakan kecepatan, dan lain-lain.
2. Service
excellent sangat penting bagi organisasi jasa karena produk yang mereka jual
adalah layanan atau aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan
barang-barang milik konsumen. Oleh karena itu dapat dikatakan organisasi jasa bersentuhan langsung dengan konsumen,
hal inilah yang membuat pelayanan prima sangat penting bagi perusahan jasa.
Berhadapan langsung dengan konsumen berarti mempertaruhkan nama dan kualitas
perusahaan, tidak ada kesempatan kedua, konsumen secara langsung menilai
kinerja perusahaan tersebut.
3. Service
excellent adalah pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik yang diberikan
oelh sebuah perusahaan/organisasi melalui
cara pandang konsumen, hal ini menimbulkan rasa dikenal oleh konsumen dan
kepuasan. Dua hal utama yang
mempengaruhi service excellent
perusahaan jasa menurut saya adalah Exceed Expectations (Melampaui Harapan
Konsumen) dan Care (Memberi Perhatian). Sekali lagi menurut saya dalam
perusahaan jasa tidak ada kesempatan
kedua dalam memberikan pelayanan, karena konsumen akan langsung menilai
pada saat itu juga. Jika perusahaan memberikan pelayanan yang buruk konsumen
tidak akan kembali untuk menggunakan jasa. Sebaliknya jika perusahaan
memberikan pelayanan yang melampaui harapan konsumen , niscaya konsumen
tersebut akan berubah menjadi pelanggan.
4.
Menurut
saya sikap yang dipersepsi baik dalam pelayanan prima dan yang diharapkan oleh
konsumen adalah Tampil ramah, Tampil sopan dan penuh hormat, Tampil yakin,
Tampil rapi, Tampil ceria, Tampil senang memaafkan, Tenang bergaul, Senang
menyenangkan orang lain dan masih banyak lagi.
0 comments:
Post a Comment