A. PROGRAM PEMBUATAN BLOG
1.1
Latar
belakang
Era cyber telah merasuki kehidupan manusia
modern ini, hampir segala hal telah di-digitalisasi, mulai dari hasil karya
cipta seperti musik, hingga pergaulan sosial manusia. Oleh karena itu,
pelayanan prima kepada pelanggan harus memperhatikan aspek tersebut. Salah
satunya bagaimana memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan merasakan
keuntungan dari pembuatan blog yang mencakup mulai dari profil GMC Sound System
sampai dengan spesifikasi produk dan harga.
1.2
Tujuan
Tujuan dari pembuatan
desain Blog
GMC
untuk perusahaan
adalah :
1. Menghubungkan perusahaan dengan pelanggan melalui
jaringen internet yang tidak terbatas ruang dan waktu.
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan untuk menilai
GMC Sound System dan melihat spesifikasi produk dan harga yang ditawarkan.
1.3
Manfaat
1. Bagi
GMC Sound System
-
Dengan menggunakan Blog sebagai jaringan komunikasi terhadap pelanggan,
GMC Sound System akan semakin dikenal sebagai perusahaan persewaan sound system
yang cerdas, efektif dan mengikuti perkembangan zaman.
2. Bagi
pelanggan
-
Dapat lebih mudah
mencari tahu tentang spesifikasi produk dan harga yang ditawarkan
1.4
Time
line
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying GMC Sound System terkait dengan
pembuatan Blog
|
Mei
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow
Up hasil Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan Blogspot
|
|
|
|
|
|
||
Implementasi
|
|
|
|
|
|
1.5
Biaya
Berikut Ini adalah
Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Blogspot
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Pembuatan
Blogspot
|
-
|
-
|
-
|
|
|
1.1
Latar
belakang
Feedback
atau umpan balik dari pelanggan atas hasil kerja perusahaan merupakan hal yang
penting yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dan perkembangan
perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan harus sangat
diperhatikan. Salah satunya bagaimana memberikan pelayanan terbaik sehingga
pelanggan merasakan keuntungan dari transaksi yang dilakukan dengan perusahaan
terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Berdasarkan hal tersebut,
kami merekomendasikan sebuah desain komunikasi berbentuk kartu saran dan kritik
yang diberikan kepada pelanggan untuk diisi seusai penggunaan jasa perusahaan.
1.2
Tujuan
Tujuan dari
pembuatan desain lembar saran dan kritik untuk
pelanggan adalah :
1. Menerima dengan terbuka saran dan kritik dari pelanggan
yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk melangkah kedepan memperbaiki
kesalahan.
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan untuk
memberikan masukkan-masukkan bermanfaat dan juga menumbuhkan loyalitas pelanggan.
1.3
Manfaat
1. Bagi
GMC Sound System
-
Dengan meningkatnya
loyalitas pelanggan, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat
-
Citra baik perusahaan
akan meningkat karena memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik dan
menguntungkan pelanggan
2. Bagi
pelanggan
-
Dapat memberikan
saran dan masukkan yang bermafaat untuk penggunaan kembali di masa depan
1.4
Time
line
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying PERUSAHAAN terkait dengan
pembuatan kartu feedback
|
Mei
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow
Up hasil Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan Desain Kartu diskon
|
|
|
|
|
Corel Draw
|
||
Implementasi
|
|
|
|
|
Meeting
|
1.5
Biaya
Berikut Ini adalah
Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Kartu Feedback
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Kartu Feedback
|
Rp. 2000,-
|
250
|
Rp. 500.000,-
|
TOTAL
|
Rp. 500.000,-
|
C. PROGRAM PEMBUATAN KARTU DISKON
1.1
Latar
belakang
Pelanggan merupakan aset
utama yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah
perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan harus sangat
diperhatikan. Salah satunya bagaimana memberikan pelayanan terbaik sehingga
pelanggan merasakan keuntungan dari transaksi yang dilakukan dengan perusahaan
terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Berdasarkan hal tersebut,
kami merekomendasikan sebuah desain komunikasi sebagai salah satu upaya
pelayanan prima pada GMC Sound System
yaitu desain kartu diskon untuk pelanggan.
Kartu ini akan dibuat
dengan mencantumkan keterangan berapa kali pelanggan telah menggunakan jasa GMC Sound System Untuk 3 kali
penggunaan jasa perusahaan, akan mendapatkan diskon 25% di penggunaan jasa
berikutnya. Dengan memberikan diskon kepada pelanggan, pelanggan akan lebih
merasa diuntungkan sehingga loyalitas pelanggan akan meningkat dan akan
berpengaruh pada peningkatan pendapatan perusahaan.
1.2
Tujuan
Tujuan dari pembuatan desain kartu diskon untuk pelanggan
adalah :
1. Meningkatkan
loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.
Karena dengan memberikan diskon, pelanggan akan merasa lebih dihargai
sehingga berakibat pada kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan jasa perusahaan
2. Memberikan
kemudahan kepada pelanggan dan perusahaan dalam melayani pelanggan karena di
bagian belakang kartu diskon terdapat keterangan berapa kali pelanggan memakai
jasa perusahaan sehingga dapat diketahui kapan pelanggan akan mendapatkan
diskon.
1.3
Manfaat
1. Bagi
GMC Sound System
-
Dengan meningkatnya
loyalitas pelanggan, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat
-
Citra baik perusahaan
akan meningkat karena memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik dan
menguntungkan pelanggan
2. Bagi
pelanggan
-
Dengan diskon,
pelanggan lebih diuntungkan karena menghemat biaya
1.4 Time line
No.
|
Program
|
Aktivitas
|
Bulan
|
Media
|
|||
1.
|
Desain
Kartu Diskon untuk Pelanggan
|
Lobbying PERUSAHAAN terkait
dengan pembuatan kartu diskon
|
April
|
Meeting
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
√
|
|
|
||||
Follow Up hasil Lobbying
|
|
√
|
|
|
Meeting
|
||
Pembuatan Desain
Kartu diskon
|
|
|
√
|
|
Corel Draw
|
||
Implementasi
|
|
|
|
√
|
Meeting
|
1.5
Biaya
Berikut
Ini adalah Rancangan Anggaran Dana Pembuatan Kartu Diskon
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Kartu Diskon
|
Rp. 2000,-
|
250
|
Rp. 500.000,-
|
TOTAL
|
Rp. 500.000,-
|
LANJUTKAN
ReplyDeleteCatatan:
Pastikan kalian juga terlibat dalam sosialisasi kartu untuk konsumen, dan konsisten melakukan supervisi pada blog yang sudah kalian buat